JMDN logo

BUMN Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Program Sarinah Pandu

📍 UMKM
31 Agustus 2025
21 views
BUMN Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Program Sarinah Pandu

Jakarta, 31/8 (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar lebih berdaya sehingga mampu naik kelas.


Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN Eddy Eko Cahyono, menyampaikan bahwa program "Sarinah Pandu - Asah, Asih, Asuh" yang berlangsung di Hotel Santika, Mataram, Lombok, dapat menjadi sebuah awal agar UMKM terus bergerak lebih maju.


"Kami menyadari bahwa kesempurnaan tidak langsung tercapai di awal, perlu langkah-langkah berkelanjutan yang terus disempurnakan, untuk memberi manfaat optimal bagi UMKM. Kami juga mengapresiasi kontribusi Sarinah bersama delapan BUMN kolaborator, serta para pelaku UMKM yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti sesi pelatihan ini," ujar Eddy dalam keterangan di Jakarta, Minggu.


Anggota holding BUMN PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), PT Sarinah menyebut program ini diikuti oleh 96 pelaku UMKM binaan dari delapan BUMN kolaborator, dengan tujuan memberikan pendampingan menyeluruh agar para pelaku usaha siap bersaing di pasar yang lebih luas, baik nasional maupun global.


Direktur Utama PT Sarinah Raisha Syarfuan menekankan bahwa inisiatif ini selaras dengan transformasi Sarinah sebagai cultural experience center dan etalase utama produk lokal terkurasi.


Menurutnya, Sarinah bukan sekadar pusat perbelanjaan, tetapi rumah bagi produk lokal yang terkurasi dengan standar kualitas tinggi.


"Kami memiliki misi untuk terus memberdayakan pelaku usaha yang berakar pada budaya, terutama UMKM, sebagai pembawa identitas bangsa. Melalui Sarinah Pandu, kami ingin menciptakan UMKM yang tangguh, inovatif, dan berdaya saing global," kata Raisha.


Selama kegiatan berlangsung, para peserta mendapatkan rangkaian pelatihan intensif yang dipandu oleh Maria Herijanti, seorang profesional berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidang manajemen komersial, distribusi, strategi pemasaran, dan pengembangan SDM.


Materi pelatihan mencakup aspek penting yang dibutuhkan UMKM saat ini, mulai dari bagaimana mengurus legalitas usaha seperti Nomor Induk Berusaha, sertifikasi halal, hingga registrasi BPOM, dilanjutkan dengan pemahaman mendalam tentang digitalisasi untuk memperluas jangkauan pasar.


Para peserta juga dibekali keterampilan dalam mengelola keuangan dan akuntansi, strategi pengembangan produk dan inovasi, serta teknik pemasaran dan branding agar produk mereka semakin unggul di mata konsumen. (ANTARA/Maria Cicilia Galuh Prayudhia)

📬 Berlangganan Newsletter

Dapatkan berita terbaru seputar desa langsung ke email Anda.

Berita Populer

Berita Populer